Friday, April 30, 2010

Animasi GLB dan GLBB Versi 2

Di beberapa postingan yang lalu aku sudah menjelaskan tentang bagaimana membuat animasi GLB dan GLBB dengan menggunakan flash. Aku rasa cara membuatnya tidak terlalu sulit. Nah, sekarang aku coba sempurnakan animasi tersebut. Dalam animasi ini kedua Gerak Lurus tersebut aku gabungkan. Jadi kita bisa melihat animasi GLB dan GLBB sekaligus di sini.

Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu bisa menggerakkan symbol bola kecil dengan tombol arrow keyboard. Kelebihan dari animasi ini, aku sudah memprogram dan mendesainnya sedemikian rupa agar bola tersebut bisa bergerak 4 arah (bukan 2 arah seperti animasi terdahulu). Pada kondisi default, bola akan bergerak GLB. Namun kamu bisa mengubah-ubah tipe gerak bola dengan menekan tombol GLB atau GLBB yang terletak di kanan bawah.

Intinya, dengan menekan tombol arrow di keyboard itu berarti kamu sedang memanipulasi nilai vx dan vy. Tombol arrow di keyboard akan mengubah nilai vx dan vy bola seperti berikut:
tombol kanan : nilai vx ditambah 1
tombol kiri  : nilai vx dikurang 1
tombol atas  : nilai vy ditambah 1
tombol bawah : nilai vy ditambah 1


Secara default, tombol arrow pada keyboard akan berfungsi seperti keterangan di atas. Tapi jika kamu menekan tombol GLBB, maka yang berubah bukan lagi v atau kecepatan lagi, melainkan a atau percepatan.
mode GLBB
tombol kanan : nilai ax ditambah 1
tombol kiri  : nilai ax dikurang 1
tombol atas  : nilai ay ditambah 1
tombol bawah : nilai ay ditambah 1


Oh, ya! Di situ juga sudah kulengkapi dengan textbox yang menunjukkan besar kecepatan dan percepatan. Ini akan mempermudah kita memantau proses pergerakan bola. Dan yang tak kalah penting, di sebelah kiri-bawah sudah aku tambahkan tombol stop untuk menghentikan bola dan tombol restart untuk menghentikan bola dan mengembalikan koordinat bola pada posisi awal.

Cara membuatnya sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Yang perlu menjadi catatan, harap hati-hati dalam membuat script untuk menggerakkan movie clip bola. Ingat! Koordinat y pada flash adalah berkebalikan dengan koordinat cartesius. Jadi kamu harus mengurangi koordinat y dari bola dengan vy, bukan malah menambahnya.

Jika kamu tertarik untuk mempelajarinya, kamu bisa download source file yang linknya sudah aku letakkan di bawah postingan ini. Kamu bisa mendownload file ini secara gratis kok. Tenang saja, kamu tidak akan dipungut biaya apapun untuk belajar di blog ini. :)

download source file: Animasi GLB dan GLBB versi 2

0 comment(s):

Post a Comment

feel free to write your comment here.. :)