Thursday, April 1, 2010

Belajar Dasar Bahasa Java



Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu besar antara bahasa C dengan bahasa Java. Syntax-syntax yang digunakan pun sangat mirip. Perbedaan yang sangat mendasar adalah mengenai konsep dari kedua bahasa tersebut. Bahasa C adalah bahasa pemrograman terstruktur sedangkan bahasa Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek. Jika kamu ingin lebih tahu apa maksud dari "berorientasi obyek" ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasinya dari searching di google. Di sini aku cuma sekedar menjelaskan secara dasar penggunaan bahasa Java dan cara memulainya. Seperti biasa, artikel yang kutulis di blog ini hanya untuk orang yang benar-benar pemula. :)

Bagaimana memulainya? Pertama kamu harus menginstal Java Standard Edition. Bisa kamu download di alamat ini: http://java.sun.com/javase/downloads/. Lalu instal Java Standard Edition dengan mengklik jdk-6u6-windows-i586-p.exe (silakan instal versi yang lebih baru jika tersedia). Sekarang atur PATH Environment agar kita bisa mengcompile file Java dengan comand prompt. Caranya: Klik Start => Control Panel => System=> Advanced => Environment Variables dan set PATH: C:\Program Files Files\Java Java\jdk1.6.0_ 06 06\bin.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam memprogram, kamu bisa donwload dan instal IDE. IDE Java ada bermacam-macam, ada Netbeans, Eclipse, JCreator, Gel, dll. Contoh compiler yang open source adalah Netbeans, so kamu bisa download secara gratis di http://www.netbeans.org.

Kita mulai latihan dengan membuat program yang cukup melegenda bagi para programmer pemula. Ya, program hello world. :)

public class HelloWorld{
//program java pertamaku
public static void main (String[] args) {
System.out.println("Hello World!");
}
}


Silakan co-pas source code di atas, lalu simpan dengan nama "HelloWorld.java" tanpa tanda petik. Ingat! Nama file dan nama class harus sama. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa langsung compile dan run program tersebut. Hal ini sangat mudah dilakukan jika kamu menggunakan compiler. Tapi jika tidak, kamu bisa lakukan dengan cara menuliskan perintah pada command prompt. Caranya buka dulu command prompt (shortcut: tekan tombol windows + R, ketik cmd lalu klik ok). Setelah itu masuk pada direktori tempat kamu menyimpan file java tadi. Perintahnya seperti ini:

Untuk mengcompile file HelloWorld.java yang telah kita buat tadi, caranya ketik:
javac HelloWorld.java


Sedangkan untuk menjalankan programnya kita tinggal memasukkan perintah berikut:
java HelloWorld


Jika langkah-langkah di atas kamu jalankan dengan benar, maka akan muncul tulisan:
Hello World!


Biar lebih jelas silakan lihat gambar di bawah... (klik pada gambar untuk melihat gambar lebih jelas)


Penjelasan sederhana dari source tadi kira-kira seperti ini:

public class HelloWorld
: Artinya kita membuat class bernama HelloWorld yang bersifat public. Pada pemrograman java, semua kode harus ditempatkan di dalam deklarasi class. Public di sini maksudnya class ini bebas diakses oleha class-class lain meskipun dalam package yang lain pula.

//program java pertamaku
: Baris ini adalah baris komentar. Kamu bisa bebas menulis apapun di sini. Baris ini nantinya akan dihiraukan saat kita mengcompile. Komentar juga sangat penting untuk mempermudah pembacaan program kita.

public static void main (String[] args)
: Di sini kita membuat method utama yaitu method main. Jika dianalogikan dengan bahasa C, method main ini fungsinya sama saja dengan dengan fungsi main. Argumen atau String[] args mengindikasikan parameter berupa array dari string bernama args. Penggunaan parameter ini akan kujelaskan di postingan yang lain.

System.out.println("Hello World!")
: Kode ini adalah perintah untuk menuliskan kata-kata yang ada di antara tanda petik ke layar. Mirip dengan fungsi printf() pada bahasa C.

Baiklah sekian dulu penjelasan tentang cara memprogram dalam bahasa Java. Semoga bermanfaat.

1 comment(s):

louis antonio ranjo said...

thank'z bro atas informasi...

Post a Comment

feel free to write your comment here.. :)