Friday, January 15, 2010

Belajar Dasar Bahasa C

Tulisan ini hanya ditujukan buat pemula yang ingin memulai belajar bahasa C. Yang sudah master, kelaut aja sono, toh aku sendiri juga masih pemula, hehe (kiddin' bro). Oke, kita mulai sajalah.

Persiapan awal untuk memulai adalah sebagai berikut:

1. Kamu harus punya komputer atau laptop. Yaeyalah, mo bikin program geto. masak mo pake radio?


2. Kamu harus punya IDE (Integrated Development Environment). Ini software yang kita gunakan untuk membangun program. Banyak sekali pilihan. Cari yang gratis saja, silakan download Dev C++ (http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html). Sayangnya Dev C++ tidak mendukung tipe data void dalam fungsi main. Aku sendiri lebih suka pake Turbo C++. Tapi ga terlalu menjadi masalah, yang penting gratis :). Kalo udah dapet tinggal instal aja, masak gitu aja masih diajarin? :P

3. Siapkan susu segar dan camilan secukupnya, hahaha. Yang penting jangan rokok, karena rokok bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, global warming, bla bla bla... sudah, sudah bercandanya..


Oke, persiapan selesai. -- start here--

1. Silakan buka IDE-mu dan buka dokumen baru. Untuk membuat file baru di Dev C++: FIle > New > Source file.

2. Lalu tuliskan source di bawah ini untuk membuat program yang sangat populer dan melegenda. Program apa itu? Taraa! Program Hello WOrld! (gubrak!)
#include<stdio.h>

void main(void){

printf("Hello World!");

}

3. Kompile dan Jalankan program tersebut. Caranya di Dev C++: Execute > Compile. Lalu Execute Run.

4. Jika muncul tulisan "Hello World!" berarti programmu berhasil. Jika tidak, mungkin IDE-mu tidak support tipe data void di fungsi main. Tadi pake Dev C++ kan? Pake gratisan sih, hehe. Tenang aja, bisa kita ganti source di atas seperti ini:
#include<stdio.h>

int main(void){

printf("Hello World!");

system("pause");
return 0;
}

Kalo masih ga bisa coba dicek lagi dalam penulisan syntax di atas.

Penjelasan Script

1. #include<stdio.h> => ini digunakan untuk memanggil file library "stdio.h". File ini mengandung fungsi input/output dasar seperti printf, scanf, gets, puts, dll.

2. int main(void){ } => di antara kurung kurawal inilah kamu menulis program utama.

3. printf("Hello World!") => fungsi ini untuk mencetak tulisan di antara tanda petik (Hello World!). Tanpa memanggil stdio.h, sintax printf tidak bisa digunakan.

4. system("pause") => syntax ini ditulis agar program tidak langsung tertutup ketika dijalankan.

5. return 0 => mengembalikan nilai ke 0. Tidak perlu susah-susah untuk mengerti ini. Lambat laun kamu akan mengerti sendiri. Terlebih ketika kamu belajar tentang fungsi.

Oke, sekian dulu. Semoga penjelasan di atas mudah dimengerti.

0 comment(s):

Post a Comment

feel free to write your comment here.. :)