Wednesday, February 11, 2009

No! Alkali Tanah, Ugh!





Pada semester ganjil yang lalu, Pak Samsudin, guru kimia saya mengadakan semacam kompetisi di kelas saya. Bukan sekedar kompetisi, kompetisi ini tentu saja masih berhubungan dengan pelajaran kimia yang diajarnya. Kelas saya di bagi menjadi beberapa kelompok. Dan setiap kelompok bertanggung jawab mempresentasikan satu sub bab kimia ke depan kelas. Kelompok terbaik akan lolos ulangan bab tersebut dengan nilai seratus. Wow! Bayangkan! Tanpa ulangan bisa dapat nilai seratus!?

Kriteria yang dinilai adalah cara penyampaian, keindahan slide, dan jawaban tim penyaji dari pertanyaan audiens. Cara yang digunakan guru saya ini ternyata dapat memotivasi seluruh siswa. Teman-teman di kelas saya belajar pontang-panting agar slidenya bagus dan presentasinya sempurna. Tak ketinggalan kelompok saya. Kelompok saya kedapatan materi alkali tanah. Kami ingin mencoba hal yang sedikit baru untuk presentasi kali ini. Kami tidak lagi menggunakan power point dalam membuat slide seperti yang lain. Kami mencoba membuatnya melalui macromedia flash. Akhirnya kelompok demi kelompok mempresentasikan sub bab yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing. Setelah semua kelompok tampil, kami menunggu pengunguman kelompok siapa pemenangnya. Pak Sam, mulai menyebutkan nilai perkelompok. Dan… wah! Kelompok saya mendapat nilai 85. Tapi sayang, nilai itu tidak cukup untuk mengungguli kelompok teman saya yang lain, nilainya 90. Fuuhh! Kami hanya dapat urutan dua. Tentu saja tidak bisa lolos dengan nilai seratus. Sedih rasanya tidak jadi pemenang. Apalagi kalau mengingat perjuangan teman-teman saya ketika kerja kelompok. Mereka ada yang tetap datang kerja kelompok walaupun kehujanan. Ada yang mengerjakan slide sampai jam 11 malam. Yah, tapi apa daya kalau nasib berkata lain. Sampai sekarang file presentasi tersebut masih nangkring di komputer saya. Dan sudah anda lihat di atas. Sedih rasanya kalau lihat file itu lagi. Saya pikir ada baiknya kalau saya cantumkan di blog ini. Kalau Anda ingin mendownload file ini dalam bentuk .exe silakan download di sini.
Nb: file di atas musiknya tidak bisa dimainkan. Maaf, file musiknya memang berkapasitas besar, jadi tidak saya cantumkan di sini.

4 comment(s):

Ahmad Rojik said...

Wah...keren2,,,,


aku tanya nich...???

situs buat cari iklan yang di klik trus daper duit tu apa ya....???

hamzcraze said...

silahkan klik di sini!

hudza_iefha said...

wah, cool... nggak mudeng ttg macromedia..

Unknown said...

@hudza: sama kok, baru belajar juga neh,,

Post a Comment

feel free to write your comment here.. :)