Saturday, February 28, 2009

Kamus Asam Amino


Biologi memang penuh istilah yang sulit diingat. Hal ini tentu menjadi permasalahan bagi siapapun yang mempelajari ilmu ini. Jangan berkecil hati dulu, mari coba kita simak kisah berikut. Baru sekitar 3 minggu yang lalu, Pak Sugeng (guru biologi saya) memberikan tugas kepada seluruh siswanya untuk menghafalkan 20 nama asam amino beserta 64 urutan mRNA yang cocok dengan asam amino tersebut. Waw! Tentu ini tugas yang berat. Nama-nama asam amino sangat sulit untuk dihafal. Apalagi ditambah kode triplet yang jumlahnya hingga 64. Tapi menariknya, Pak Sugeng mengemas tugas ini dengan sebuah permainan.

Cara mainnya, kelas dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A berperan sebagai penjual makanan dan kelompok B menjadi pembeli. Pembeli akan disuguhi satu “masakan” oleh penjual. Masakan tersebut tersusun oleh bumbu dan bahan masakan yang sudah disandikan menjadi kode triplet DNA. Tugas pembeli adalah memecahkan kode tersebut dan mengkonversikannya ke mRNA kemudian memasangkannya dengan asam amino yang cocok. Setelah itu, penjual akan mengecek pekerjaan pembeli. Jika ada kode asam amino yang salah, tentu saja makanan tersebut akan dibuat dengan bumbu dan bahan yang tidak tepat. Dan makanan yang didapat pasti tidak seperti yang diharapkan. Misalkan makanan yang disuguhkan soto ayam. Karena salah memasangkan asam amino, bahan-bahan untuk membuat soto ayam menjadi jagung, wortel, dan bayam. Bisa dibayangkan rasanya. [^^] Walaupun makanan tersebut tidak nyata, tetap saja permainan ini menarik. Semua teman saya jadi terpacu untuk menghafalkan seluruh nama asam amino beserta urutan kode triplet mRNA. Cara Pak Sugeng efektif bukan?

Teman-teman di kelas saya memiliki trik khusus untuk memudahkan penghafalannya. Misalkan kolom kedua dari tabel mRNA adalah berisikan 4 asam amino, yaitu Serin, Prolin, Threonin, dan Alanin. Mereka mengubah kata tersebut menjadi “Sering Protes Terhadap Alasan”. Dengan cara seperti itu kita akan lebih mudah untuk menghafal dan mengingat kolom asam amino tersebut lebih lama. Kreatif bukan?

Terinspirasi dari tugas Pak Sugeng ini, saya jadi ingin membuat semacam aplikasi sederhana agar kita dapat dengan mudah mencari asam amino dengan mRNA yang cocok. Aplikasinya bisa Anda lihat di awal posting ini. Nama aplikasinya Kamus Asam Amino (saya bingung mau memberi nama apa). Jika Anda tertarik untuk mendownloadnya, silakan klik di sini. Saya membuatnya dengan macromedia flash. Jadi Anda membukanya juga harus menginstal plugin flash terlebih dahulu. Oh ya, jangan lupa isikan komentar Anda, saya tunggu!

3 comment(s):

Ahmad Rojik said...

Wah.....Trims ya.... Program kamus asam amino buatanmu.



NOMERO UNO.....

hamzcraze said...

sama, sama rojik! semoga bermanfaat, amin!!

Anonymous said...

apik ham!

Post a Comment

feel free to write your comment here.. :)