Saturday, February 28, 2009

Gerak Parabola dengan Flash

Posting ini mungkin lebih menarik jika dibaca orang yang menyukai fisika. Bagi yang tidak terlalu menyukai fisika, sebenarnya juga tidak dilarang baca kok, he he he. Siapa tahu gara-gara baca ini tiba-tiba Anda bisa suka fisika, Amin! Baiklah, sejenak luangkan waktu kita untuk mengutak-atik animasi flash berikut.



Animasi di atas merupakan simulasi gerak parabola. Anda bisa memanipulasi data V0 (kecepatan mula-mula), sudut, dan gravitasinya. Kelemahan animasi di atas akan tampak jika Anda memasukkan input angka yang terlalu besar. Jika Anda melakukan hal tersebut, Anda tetap tahu hasil penghitungannya, namun Anda tidak bisa melihat animasinya secara keseluruhan.


Dahulu, saya membuat animasi ini ketika kelas XI SMA. Walaupun animasi di atas cukup sederhana, saya telah menghabiskan seluruh waktu liburan saya untuk menyelesaikannya (oh, very bad programmer). Saya pikir, animasi ini akan sedikit berguna jika saya tampilkan di sini. Jika Anda tertarik untuk mendownloadnya, silakan klik di sini.

0 comment(s):

Post a Comment

feel free to write your comment here.. :)